(FISIKA) | Pengertian Tekanan

Pengertian Tekanan



Dalam fisika, tekanan dinyatakan dengan (simbol p) adalah skala besarnya fisik yang mengukur kekuatan dalam arah tegak lurus per satuan luas dan berfungsi untuk digambarkan dan diterapkan dengan gaya resultan pada permukaan yang diberikan.

Tekanan merupakan gaya per satuan luas diterapkan dalam arah tegak lurus ke permukaan obyek. Pengukur tekanan yang diberikan dalam sebuah tekanan relatif terhadap tekanan atmosfer atau lingkungan sekitarnya.


Dalam Sistem Internasional tekanan diukur dalam unit yang disebut pascal (Pa) yang setara dengan kekuatan total satu newton pada satu meter persegi. Dalam sistem Inggris tekanan diukur dalam unit yang diturunkan disebut pon per inci persegi (pon per inci persegi) psi.


Tekanan adalah besarnya gaya yang berhubungan dengan permukaan yang bertindak, yaitu sama dengan gaya yang bekerja pada satuan luas.


Bila pada permukaan yang datar dengan luas A gaya normal diterapkan seragam F, tekanan P diberikan sebagai berikut :


P = F/A


Sifat-sifat tekanan dalam medium cairan



  1. Gaya berhubungan dengan tekanan fluida yang selalu diarahkan menuju bagian luar cairan, dikarenakan prinsip aksi dan reaksi, sehingga kompresi untuk cairan, tidak pernah satu traksi.

  2. Permukaan bebas cairan saat istirahat (dan berada di medan gravitasi konstan) selalu horizontal. Itu benar hanya di permukaan Bumi dan dapat dilihat dengan mata telanjang aksi gravitasi yang tidak konstan. Jika tidak ada tindakan gravitasi, permukaan cairan bola dan karena itu tidak horisontal.

  3. Pada fluida diam, setiap titik massa cair mengalami tekanan yang merupakan fungsi hanya dari kedalaman di mana titik tersebut berada. Hal lain yang perlu kedalaman yang sama, memiliki tekanan yang sama. Permukaan imajiner melewati dua titik disebut tekanan permukaan ekipotensial atau permukaan isobarik. 



Penggunaan Tekanan

Hidrolik rem


Banyak mobil memiliki sistem pengereman anti penguncian (ABS Inggris) untuk mencegah gaya gesekan dari roda-penguncian rem menyebabkan penyaradan kendaraan. Dalam sebuah sistem sensor pengereman anti penguncian mengontrol putaran dari ban mobil ketika rem dalam operasi. Jika roda terkunci, maka sensor akan mendeteksi kecepatan perputaran menurun tiba-tiba, dan mengurangi tekanan rem sejenak untuk mencegah penyumbatan. Dibandingkan dengan sistem pengereman dulu, anti penguncian sistem rem dapat dikendalikan oleh driver dalam mengendalikan mobil lebih efektif dalam situasi ini, terutama jika jalan basah atau tertutup salju.


Pendinginan


Pendinginan ini didasarkan pada aplikasi alternatif dari tekanan tinggi dan rendah, oleh sirkulasi tekanan cairan di pipa. Ketika cairan melewati dari tinggi ke tekanan rendah dalam evaporator, cairan mendingin dan menghilangkan panas dari dalam kulkas.


Cairan yang berada dalam siklus tertutup, ketika dikompresi oleh kompresor untuk menaikkan suhu dalam kondensor, yang juga mengubah area sekitar menjadi cair pada tekanan tinggi, dan bersiap untuk kembali memperluas dan menghilangkan panas (ingat bahwa dingin ada tidak adanya panas saja).


Ban Kendaraan
Ban meningkat untuk tekanan 310,263.75 Pa, setara dengan 30 psi (psi menggunakan sebagai satuan tekanan relatif terhadap tekanan atmosfer). Hal ini dilakukan sehingga ban harus memberikan pukulan berat (sangat umum untuk masuk mobil). Udara yang terperangkap di lebih tinggi dari tekanan atmosfer dalam ruang (hampir 3 kali lebih tinggi), dan ban yang lebih modern antara cover dan ban karet yang fleksibel, yang merupakan logam kaku.
 

No comments:

Post a Comment